Senin, 17 Juli 2023

"maklum"

Mau cerita sedikit tentang pengalaman aku, siapa tau bermanfaat dan ada hikmahnya

Temanya HIJRAH, tapi fokusnya bahas masalah hijrah penampilan yaa

Waktu lulus SMA dan masuk kuliah, aku nazar. Gak mau lagi pake celana, pokoknya harus rok, ternyata nyaman ! dan bikin kaki gk gampang pegel walau jalan jauh. Terus mulai addict sholat sunnah duha’, bahkan saat itu jam 11 siang pun tetep disempetin, ternyata nagih juga (saat itu), lambat laun jadi jumawa, nganggep diri lebih baik, lebih rajin ibadah dll, sampe mikir rugi banget ya orang-orang gk sholat duha’, atau kasian y udah pake jilbab tapi celananya masih ketat, dan lainnya yang mengarah “aku lebih baik dari mereka”.

2 tahun kemudian sekitar 2015, iseng nyoba pake jilbab agak lebaran, bener2 kaya hijab syar’i dan nutup dada. Aku masih inget banget momen itu, rasanya kaya amaan banget dan adem banget Masya Allah, sampe bergeming dalam hati, pantes ya mba-mba hijaber suka model hijab gini dan gk ngerasa panas, ternyata begini... makin-makin lah yaa jumawanyaa

waktu KP, aku bener2 niat sendiri gk mau bareng temen, eh ternyata Allah atur mempertemukan aku sama perempuan yang jauh diatas aku (ukhti begitulah yaa istilahnya), aku kaya ketampar sih saat itu, aku mutusin ngedeket dan masuk circle dia, circle yang bener2 serius belajar agama dan coba istiqomah, sering dibikin kagum dan merenung, waah selama ini aku gak ada apa-apanya.

          -Tapi jangan salah paham, gak serta merta aku langsung kaya mereka loh y haha. Aku paling melenceng dari mereka :), karna waktu itu aku pacaran-

Singkat cerita, ada momen ngobrol sama temen KP aku, dan bahas masalah hijrah. Yang intinya tuh gini

Hijrah itu proses dan bertahap, ada tahapan-tahapannya, dan Alhamdulillah aku sama dia sampe ditahap memaklumi proses orang lain, maksudnya, ketika ada orang yang baru hijrah, anggaplah A nge judge orang lain dibawahnya, misal B yang penampilannya belum syar’i bahkan belum pake jilbab, kita maklum sama si A, karna kita paham, dia masih berproses ditahap awal, yaa karna aku pun dulu begitu hahahaha

Jadi intinya, kita tuh meski banyakin maklum, jangan gampang nge judge buruk orang lain, Karna kita gak pernah tau cerita keseluruhan mereka dan proses yang mereka lalui.

Nyambung gak sih y cerita aku ? wkwk
Intinya begitu deh, semoga bisa dipahami

Dipikir-pikir, ternyata aku pernah serajin itu, sekarang malah turun imannya hmmm

0 komentar:

Posting Komentar